Menulislah Sebab Menulis Itu Mudah


Menulislah Sebab Menulis Itu Mudah
Oleh: Siti Nurlatifah

Alhamdulillah tak terasa malam ini sudah merupakan pertemuan ke-19 perkuliahan online Om Jay dan kawan-kawan. Walaupun terseok-seok dalam membagi jadwal untuk menyimak materi dan membuat resume, namun dengan izin-Nya saya masih bisa mengikuti hingga malam ini. Materi-materi dan para pemateri yang berbagi ilmu di kelas ini sangatlah luar biasa, yang membuat saya pribadi merasa ingin selalu menyimak dan masuk kelas. Ada rasa khawatir jika tertinggal dengan materi-materi tersebut.

Bapak Drs. Jumanto, M.Pd lahir di Sragen pada tanggal 21 Januari 1966. Beliau merupakan penulis puluhan buku dan Ketua PGRI di Kabupaten Rembang. Saat ini beliau adalah pengawas sekolah di Kabupaten Rembang. Awalnya Bapak Jumanto mulai rutin menulis puisi sebab beliau rasa menulis puisi itu mudah. Selain puisi beliau juga rutin menulis cerpen. Seiring berjalanya waktu Pak Jumanto sebagai seorang guru sering menelitibuku-buku pelajaran yang dipakai di sekolah sehingga beliau mendapatkan tantangan dari Bapak Prof. Dr. Sarwiji Suwandi untuk menulis buku ajar. Dalam tantangan tersebut beliau dibimbing oleh Bapak Sarwiji dan berhasil membuat tiga buku ajar untuk SMP dan lima buku ajar untuk SMA. Buku-buku tersebut dinilaikan ke Pusat Perbukuan. Dari pengalaman inilah akhirnya beliau belajar mengedit buku. Akhirnya beliau mendapatkan royalti yang jauh dari pendapatan seorang PNS. Waktu demi waktu akhirnya beliau mendapatkan tantangan dari penerbt SIC sampai akhirnya beliau mendapatkan amanah sebagai Ketua Badan Penerbitan PGRI Jateng dengan penerbit PGRI Jateng Press.

Menulis adalah sebuah kegiatan yang sangat mudah , memberi kenikmatan, dan tidak perlu dipikirkan. Kreativitas seseorang akan terus membara jika dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu rasa senang dan memiliki arah alur pembaca sesuai UU No. 13 tahun 017 tentang perbukuan.
Adapun bentuk , isi, dan jenis buku menurut Undang-Undang No. 13 tahun 2017 adalah sebagai berikut:

1.       Bentuk: buku cetak dan buku elektronik
2.       Jenis : buku pendidikan dan buku umum
3.       Isi: pengetahuan, informasi, dan hiburan

Buku yang digunakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Permendikbud No. 18 tahun 2016 yaitu buku teks pelajaran dan buku non pelajaran (buku pengayaan, buku referensi, dan panduan pendidik.

   Menurut beliau menulis itu meliputi  tiga komponen antara lain seneng (senang), jenang (pendapatan), dan jeneng (karier menanjak).

Selama beliau mengemban empat tugas mulia yaitu sebagai penulis, editor, marketing, dan manager, beliau memiliki suka dan duka, antara lain:

1.       Rasa suka
a.       Mendapatkan pendapat yang jauh lebih besar daru gajih guru (PNS)
b.      Mendapatkan reputasi dan karier (PNS selama delapan tahun sudah diangkat jadi pengawas)
c.       Hati selalu riang dan bisa menginspirasi anak-anak utuk semangat berprestasi.
2.       Rasa duka
a.       Ada beban saat meninggalkan tugas mengajar disaat harus menghadiri pelatihan.
b.      Jarak antara rumah dan tempat penerbit sangat jauh, sehingga tidur rata-rata cuma tiga jam per hari.

Outline sangat diperlukan bagi seorang penulis karena outline dapat membantu kita agar sebuah tulisan tidak terlalu sempit dan terlalu melebar.
Tulisan yang layak adalah yang sesuai dengan pembacanya dan ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang. Penerbit hanya mengedit karya kita supaya tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan kekerasan.

Kesimpulan
1.       Motivasi terbesar untuk menulis ada pada diri kita, niatkan menulis itu untuk berbagi, menulislah dengan senang tanpa adanya paksaan.
2.       Menulislah dari sesuatu yang kita sukai dan ada di sekitar kita, sebab yang demikian akan membuat ide mengalir deras.
3.       Outline sangat penting sebelum kita menulis, sebab outline inilah yang akan mengatur ruang gerak penulis.
4.       Banyak manfaat yang diperoleh dengan menulis diantaranya, hati merasa senang, karier meningkat serta reputasi, dan dengan menulis akan menambah pendapatan.


Subang, 14 Juli 2020

Profil Penulis


   Siti Nurlatifah

SDN Hegarmanah Kec. Pusakajaya Subang
FB: Latifah Zaeni
Blog: https://latifahzaeni.blogspot.com







Komentar

  1. First Coment ... mantap BuLat, semangat menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya selalu telat bu bikin resumenya😊🤭. Mksih bu😊

      Hapus
  2. Keren Bunda.. Ayo kita menullis.. Menulis itu mudah

    BalasHapus
  3. Niatkan menulis untuk berbagi...mantab sekali!

    BalasHapus
  4. Niatkan menulis untuk berbagi...mantab sekali!

    BalasHapus
  5. Menulis utk menghasilkan karya ....

    BalasHapus
  6. Perjalana penulis sangat memotivasi diri, semangat terus para penulis

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seorang Guru

Tips Jitu Meraih Sejuta Prestasi