6 Kiat Menulis Buku Best Seller

TUGAS RESUME

NAMA                        : SITI NURLATIFAH, S.Pd.

UNIT KERJA             : SDN HEGARMANAH KEC. PUSAKAJAYA

GELOMBANG          : 12

PERTEMUAN KE-    : 27

PEMATERI                :  Bapak Encon Rahman

MATERI                     : 6 Cara Menulis Buku Best Seller 


Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan kesempatan kami untuk mengikuti belajar menulis online bersama Om Jay dan kawan-kawan. Pertemuan  malam ini adalah pertemuan ke-27 yang  dimoderatori oleh Mr. Bams. Pemateri malam ini sangat luar biasa, beliau merupakan guru berprestasi tingkat nasional dan penerima penghargaan guru internasional.

Bapak Encon Rahman  lahir di Majalengka pada tanggal 5 April 1972. Setelah beliau lulus Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Majalengka, beliau merantau ke Bandung dan bekerja sambil kuliah di Universitas Pasundan Bandung Fakultas Pendidikan dan Keguruan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Setelah menyelesaikan pendidikan di Unpas, tahun 2002 beliau melanjutkan menjadi santri di pesantren Darut Tauhid pimpinan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).   Selama enam tahun beliau di pesantren DT, Bapak Encon berkarya pada program Misykat Lembaga Dompet Peduli Umat (DPU) DT.

Pada saat mondok, Bapak Encon Rahman berhasil menjadi juara II tingkat nasional tahun 2005 pada sayembara menulis karya ilmiah dengan judul “Distribusi Zakat Produktif sebagai Alternatif dalam Mengatasi Problem Masyarakat Prasejahtera”. Keberhasilan beliau dalam dunia tulis menulis mendorongnya pula menjadi pembicara, trainer, dan konsultan ekonomi mikro bersama Iwan Saktiawan di berbagai lembaga BMUN.

Kecintaanya pada bidang sosial-pendidikan mendorong beliau untuk berkiprah pada tenaga pendidikan dan kependidikan. Pada tahun 2006 Bapak Encon Rahman tercatat sebagai Guru berstatus PNS yang ditempatkan di Kabupaten Majalengka. Sebagai guru muda beliau terus berkarya dan berkarya. Berbagai penghargaan beliau raih baik itu tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dari berbagai prestasi yang beliau peroleh, akhirnya beliau bisa keliling ke luar negeri, yakni bisa melaksanakan ibadah ke tanah suci, Mekkah tahun 2015, beasiswa belajar ke Melbourne, Australia tahun 016, perjalanan ke Singapura tahun 2017, melaksanakan ibadah umrah tahun 2017, dan menerima penghargaan Princess maha Chakri Awards dari Kerajaan Thailand, bangkok tahun 2017.

Tahun ini beliau terdaftar sebagai pengawas sekolah dengan rekomendasi karena guru berprestasi tingkat nasional dan internasional.

Materi malam ini adalah tentang enam (6) kiat cara menulis buku best seller. Adapun tiga tujuan menulis buku antara lain:

1.       Mengembangkan budaya literasi, bentuknya berupa buku antologi (keroyokan)

·         Walaupun pemasaran buku antologi agak susah sehingga pembelinya adalah para penulisnya, namun buku antologi sangat bagus untuk membudayakan literasi dan bisa untuk koleksi pribadi.

2.       Kenaikan tingkat, bentuknya berupa buku solo, karya bersama, artikel, PTK, Best Practice, Diklat/ modul.

·         Maksudnya adalah sebagai pengembangan publikasi ilmiah, dimana ada pedoman/ panduan yang dijadikan payung hukum untuk kenaikan pangkat.

3.       Mencari uang (Finansial), bentuknya How to

·         Maksudnya adalah untuk menghasilkan uang. Dalam hal ini tujuan tersebut tidak diharamkan. Justru semua hasil temuan/ tulisan jika dinikmati oleh oleh orang banyak dan dipasarkan, maka itulah gol terakhir dari penulis hebat. (Termasuk level tinggi)

 

Adapun jenis-jenis buku pendidikan yang dinilai dalam kenaikan tingkat, antara lain:

1.       Karya bersama

·         Buku karya bersama adalah buku pendidikan yang ditulis maksimal oleh 4 orang penulis. Dengan ketentuan nilai angka kredit yaitu 40% untuk penulis utama, dan 20% untuk penulis pembantu.

2.       PTK dan Best Practise

·         Adalah sebuah publikasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan di sekolah.

3.       Tulisan Ilmiah Pupuler (Artikel)

·         Artikel populer adalah tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, dst) yang menyangkut bidang pendidikan. Denngan ketentuan angka kredit yaitu 2 untuk tingkat nasional (Kompas, Media Indonesia) dan 1,5 untuk tingkat propinsi (Radar, tribun, majalah Geliat Gemilang)

4.       Tulisan hasil penelitian

5.       Buku teks pelajaran

·         Adalah buku yang berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama maupun sebagai buku pelengkap. Adapun untuk ketentuan angka kredit adalah 6 untuk buku teks pelajaran lolos BSNP, 3 untuk buku yang dicetak penerbit ber-ISBN, dan 1 untuk buku yang dicetak penerbit tidak ber-ISBN.

6.       Buku pengayaan

7.       Buku pedoman guru

·         Adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru, yang terdiri dari:

a.       Rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi pesserta didik.

b.      Rencana pengembangan profesi bagi guru pembelajar. Adapun angka kreditnya adalah 1,5.

8.       Modul/ diklat pelajaran

·         Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut.

·         Diklat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/ memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Adapaun ketentuan angka kredit adalah 1,5 untuk modul yang digunakan di tingkat provinsi, 1 untuk modul yang digunakan di tingkat kabupaten/ kota, dan 0,5 untuk modul yang digunakan di tingkat sekolah.

9.       Buku dalam bidang pendidikan

·         Buku dalam bidang pendidikan adalah buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. Buku ini harus bermanfaat untuk guru dan siswa. Adapun ketentuan angka kreditnya adalah 3 untuk penerbit yang ber-ISBN dan 1,5 untuk yang belum ber-ISBN.

10.   Karya terjemahan

·         Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah kebahasa Indonesia atau sebaliknya dari bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Adapun ketentuan angka kreditnya yaitu 1.

BUKU BEST SELLER

Buku best seller adalah buku yang laris manis dalam janngka waktu yang pendek sejak diterbitkan. Kriteria best seller adalah penjualannya mencapai 30-50 ribu buku pertahun serentak di toko buku.

6 Cara Menulis Buku Best Seller

1.       Menulis buku 2 jam x 10 hari itu lebih baik daripada menulis buku 10 jam x 2  hari.

·         artinya istiqomah dalam menulis itu sangat penting.

2.       Miliki dan kumpulkan buku tematik agar mudah menambah wawasan pada saat menulis buku yang sejenis.

·         Artinya untuk menambah/ meningkatkan bobot tulisan kita.

3.       Menulis buku lebih nyaman disepertiga malam atau pagi hari antara pukul 03.00-06.00 WIB.

·         Sebab pada pagi hari pikiran kita masih fresh, sehingga mudah mengeluarkan ide.

4.       Menulis buku harus seizin suami/ istri.

·         Sebab ridlo Allah ada pada ridlo orang tua dan ridlo Allah ada pada ridlo suami.  

5.       Sebelum menulis buku, dianjurkan memiliki wudhu agar tulisan kita mempunyai ruh.

·         Seperti yang dilakukan oleh para ulama terdahulu jika setiap akan menulis kitab selalu diawali dengan berwudhu. Dengan begitu kita akan dimudahkan oleh Allah dalam menulis dan tulisan kita akan bermanfaat untuk orang lain. Selain itu umur tulisan kita akan lebih panjang dari umur kita.

6.       Menulis resume buku karya orang lain dengan tema yang sejenis sesuai dengan buku yang sedang kita tulis.

·         Maksudnya ketika kita mandek dalam menulis buku, maka carilah buku yang sejenis dengan apa yang kita tulis. Kemudian kita buat resumesehingga akan membantu kita untuk mengembangkan ide.

PENGERTIAN RESUME, RINGKASAN, RANGKUMAN, DAN IKHTISAR

Resume adalah menulis ringkasan dari tulisan yang panjang dengan cara mengambil bagian pokoknya saja. Dalam menulis resume tidak boleh ditambah pendapat pribadi.

Ikhtisar adalah menulis ringkasan dengan cara menuliskan pokoknya berdasarkan pemahaman sendiri.

Langkah-langkah menulis resume antara lain:  

1.       Membaca buku

2.       Menemukan gagasan pokok

3.       Menuliskan kembali gagasan pokok  secara berurutan

4.       Menulis resume yang singkat dan padat.

5.       Mempublikasikan resume.

Kesimpulan

Jangan takut salah saat menulis, tetapi takutlah tidak bisa memperbaiki kesalahan. Walaupun kita pemula tetap menulislah karena nanti akan ada mentor yang akan membantu. Motivasi dalam menulis buku adalah untuk mencari ridlo Allah SWT, supaya ada ruh dalam menulis buku dan bisa menjadi amal jariah.

Ala Bisa Karena Biasa, Ala Biasa Karena Dipaksa

Subang, 1 Agustus 2020

Profil Penulis

  Siti Nurlatifah

SDN Hegarmanah Kec. Pusakajaya Subang

Email: nurlatifahelfaza09@gmail.com

FB: Latifah Zaeni

Blog: https://latifahzaeni.blogspot.com



Komentar

  1. Mantap, padat berisi Bu Latifah..👍👍

    BalasHapus
  2. Resume nya lengkap, padat berisi.

    BalasHapus
  3. Resume nya lengkap, padat berisi.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah bisa membaca tulisan Ibu... Terima kasih Bu sudah mampir.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seorang Guru

Tips Jitu Meraih Sejuta Prestasi

Menulislah Sebab Menulis Itu Mudah