Indahnya Kebersamaan Virtual Diklat PKB PD

Indahnya Kebersamaan Diklat PKB PD bersama P4TK IPA
Oleh: Siti Nurlatifah

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kepada-Nya atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat yang sungguh luar biasa, telah diberikan kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan diklat PKB PD, yang diselenggarakan oleh PPPPTK IPA.

Rizki itu tak hanya berwujud harta benda. Banyak rizki yang Allah berikan kepada kita semua, baik itu berupa kesehatan, kesempatan, ilmu, dan sebagainya. 

Tanggal 12 Agustus 2020 siang, saya mendapatkan surat tugas dari dinas pendidikan untuk mengikuti diklat PKB PD. Antara deg-degan dan senang. Senang karena mendapatkan kesempatan untuk belajar, namun deg-degan karena khawatir tidak bisa menjalankan amanah dengan baik. 

Biasanya diklat yang saya ikuti adalah diklat dengan daftar mandiri. Saya mendapatkan informasi dari media sosial seperti facebook dan instragam. Kemudian setelah saya lolos administrasi, saya langsung lapor ke kepala sekolah dan dinas pendidikan. Seperti diklat literasi kelautan yang diadakan oleh P3TK KPTK, diklat DIDAMBA oleh P4TK IPA, dan diklat Pembelajaran Inovasi oleh P4TK Bahasa. Namun, kali ini surat tugas langsung dari dinas pendidikan. Artinya daftar langsung rekomendasi dari dinas pendidikan.

Tanggal 13 Agustus 2020 adalah pembukaan kegiatan PKB PD untuk jenjang SD. Seperti biasanya ketika pembukaan, dijelaskan bagaimana teknik dan peraturan tentang kegiatan ini. Sedikit tegang ketika melihat jadwal kegiatan. Ternyta berbeda dengan diklat-diklat sebelumnya. Sebab kegiatan ini ternyata full dengan virtual setiap harinya. Ada sesi pagi dan sesi siang. 

Setelah kegiatan pembukaan selesai, kepala sedikit pusing karena memikirkan bagaimana manajemen waktu nantinya supaya semua kegiatan bisa berjalan lancar. Maklum emak-emak yang double job harus pandai mengatur waktu. Bagaimana mengatur waktu untuk keluarga, suami, anak kandung yang masih kecil-kecil dan masih perlu pendampingan dalam belajar, anak didik/ siswa, dan juga pekerjaan sebagai ibu rumah tangga. Wow luar biasa pusingnya hampir migran. Hehe...

Malam itu, sayapun menyusun agenda kegiatan. Semua kegiatan saya list berikut jadwalnya. Walaupun mungkin ada yang tidak sempurna, paling tidak lumayanlah agak teratur. Setelah semua jadwal tersusun akhirnya sayapun bisa tidur pulas. Ya mungkin bisa dibayangkan, tidurnya pasti di atas pukul 22.00 WIB bahkan sering hampir pukul 00.00 setiap hari. Karena keluarga tetap nomor wahid. Tak masalah sih, yang penting pikiran tenang, tidurpun nyenyak walau cuma beberapa jam.

Pengampu kelas A adalah ibu Nina Soesanti, M. Si. Sementara admin dari kelas A adalah ibu Rara atau mbak Rara. Beliau sangat baik dan ramah. Segala keluhan dari peserta selalu mendapatkan solusi terbaik. Baik itu masalah tugas maupun teknis. Masya Allah pokoknya sangat luar biasa.

Seiring berjalannya waktu, stiap sesi diskusi di kegiatan virtual, saya selalu merasa puas, merasa senang, dan bahagia. Semua peserta baik hati dan tidak sombong, hehe... Mereka semua dengan ramah saling berbagi. Mereka tidak pelit ilmu. Ini terbukti, saya merasakan kepuasan setiap kali saya bertanya tentang pengoprasian platform. Pokoknya kegiatan ini benar-benar membawa aura positif.

Saya baru menyadari bahwa persaudaraan kami benar-benar terasa saat di akhir penghujung kegiatan. Andai waktu bisa di ulang kembali atau di perpanjang, ingin rasanya bisa bertemu dan bertatap muka. Ingin bisa bersua foto bersama. 

Terimakasih bu Nina, terimakasih bu Rara, terimakasih bapak ibu semua. Persaudaraan ini jangan sampai terputus. Semoga suatu saat kita semua mendapatkan kesempatan bersama bertemu di gedung P4TK IPA pada kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Sekali lagi, kami ucapkan bahwa PPPPTK IPA is the best. Sesuai dengan motonya:
PPPPTK IPA selalu sigap, siap, dan siaga

Salam rindu dari kami semua.
Subang, 24 Agustus 2020
Profil penulis
Siti Nurlatifah, S.Pd.
Unit kerja : SDN HEGARMANAH KEC. PUSAKAJAYA KAB. SUBANG
Fb : Latifah Zaeni
Email: nurlatifahelfaza09@gmail.com
Blog: https://latifahzaeni.blog.spot.com

Komentar

  1. Semoga nanti kita bisa bertemu secara langsung ya bu, salam semangat

    BalasHapus
  2. Masya Allah Bu, keren tulisan.. semoga nanti bisa ketemu langsung ya Bu bersama bapak dan ibu kelas A..
    Semangat terus Bu 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... semangat semangat😊✊✊

      Hapus
    2. Aamiin..Subhanallah keren banget bu latifah..saya terharu bacanya..mudah-mudahan tali silaturahmi kita semua, khususnya kelas A tetap terjalin..😊😍😘

      Hapus
  3. Masya Allah ibu 😍😍 semoga tetap menjalin silaturahmi ya Bu 💛💛💛

    BalasHapus
  4. Makin keren aj Bu, tulisannya dan Subhanallah udh berbagai pelatihan diikuti. Semoga lancar, sukses dan penuh berkah...Aamiin💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... matur nuwun doanya bu.

      Klo tulisan, masih sebatas uneg-uneg bu🙈😊

      Hapus
  5. Balasan
    1. Eh ada bu Yusi, jadi malu🙈🙏. Masih belajar nulis bu sekedar uneg2😁🙏. Trimksih bu sudahnmampir.

      Hapus
  6. Mantap mantap, semoga nanti kita terpanggil lagi yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... semoga terpanggil tatap muka ya bu susi, supaya bisa bersua foto😍

      Hapus
  7. Mantap BuLatifah, semangat terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksih bu. Klo semangat masih semangat. Tpi bikin tulisan yg berkualitas blum bisa bu Ai😁🙈

      Hapus
  8. Belajar dan berlatih disituasi dan dengan cara apa pun. Salut

    BalasHapus
  9. luar biasa. semoga berkah ilmunya, bu guru. saya juga udah daftar di kegiatan tsb, tapi entah kenapa gak terpilih sbgai peserta. bulan ini dan lalu saya ikut kegiatan p4tkmatematika dan pelatihan guru pembimbing khusus, daftarnya melalui sim pkb.
    jangan lupa, bu guru, daftarkan diri juga di kegiatan didamba di https://didamba.p4tkipa.net/... dont miss it

    salam dari lombok timur, ntb

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seorang Guru

Tips Jitu Meraih Sejuta Prestasi

Menulislah Sebab Menulis Itu Mudah