Pemasaran Buku Saat Pandemi
Pemasaran Buku Saat Pandemi
Oleh: Siti Nurlatifah

Oleh: Siti Nurlatifah
Alhamdulillah tak terasa malam ini sudah merupakan
pertemuan ke-18 perkuliahan online Om Jay dan kawan-kawan. Walaupun
terseok-seok dalam membagi jadwal untuk menyimak materi dan membuat resume,
namun dengan izin-Nya saya masih bisa mengikuti hingga malam ini. Materi-materi
dan para pemateri yang berbagi ilmu di kelas ini sangatlah luar biasa, yang
membuat saya pribadi merasa ingin selalu menyimak dan masuk kelas. Ada rasa
khawatir jika tertinggal dengan materi-materi tersebut.
Pada malam ini hari Jumat, 10 Juli 2020 materi yang
disampaikan oleh Bapak Agust Subardana dengan materi Pemasaran Buku
Saat Pandemi begitu luarbiasa. Beliau adalah direktur pemasaran pada
penerbit Andi. Menurut beliau, disaat masa pandemi ini banyak sekali dampak
yang dirasakan, diantaranya yaitu:
1.
Jaringan toko buku tutup
selama pandemi.
2.
Banyak orang takut keluar
diantaranya takut ke toko buku.
3.
Omset menurun hingga 80%
4.
Banyak penerbit yang
menghentikan distribusi
5.
Bahkan tidak sedikit
penerbit yang gulung tikar
Selama
pandemi jaringan toko buku mengalami penurunan pengunjung. Namun pada saat new
normal yaitu bulan Juli, grafik pengunjung mulai naik walaupun belum stabil.
Akhirnya penerbit Andi merasa perlu untuk bertransformasi digital. Digital
Marketing dipilih sebagai cara baru untuk memasarkan buku setelah masa pandemi.
Beberapa manfaat yang
diperoleh dengan digital marketing, antara lain:
1.
Biaya lebih terjangkau
2.
Daya jangkauan yang luas
3.
Mudah untuk menentukan
target pasar buku
4.
Komunikasi dengan konsumen
lebih mudah
5.
Lebih mudah dievaluasi dan
dikembangkan
6.
Lebih cepat populer
7.
Sangat membantu
meningkatkan penjualan.
Adapun
berbagai strategi yang dilakukan oleh penerbit Andi dalam memasarkan produknya
antara lain: melalui: (1) digital marketing sangat efektif bagi pemasaran buku dalam
peningkatan penjualan sebab kita dengan mudah memasarkan melalui platform media
sosial, (2) melalui komunitas yang sesuai dengan produk buku yang dihasilkan,
(3) memberikan diskon spesial untuk konsumennya, (4) mengadakan webinar melalui
berbagai aplikasi yang tersedia seperti zoom, (5) mobile marketing, dan (6)
email marketing.
Konten marketing yang sangat menarik
diperlukan sekali untuk pemasaran produk sehingga dalam membuat konten
marketing harus benar-benar berbobot.
Penerbit Andi menyediakan berbagai
macam buku untuk pembelian dengan menggunakan dana BOS yaitu:
1.
Melalui SIPLah (belanja.com
dan blibli.com)
2.
Buku teks utama K13 (Buku
Het), BuPel Pendamping dan buku Pelajran Peminatan
3.
Buku pelajaran SMK untuk
buku kelompok C2, C3
4.
Buku Ajar Informatika kelas
4,5,6,7,8,9,10,11,12
5.
Buku Perpustakaan
6.
Alat olahraga dan kesenian
Adapun penjelasan tentang strategi pemasaran buku bisa disimak pada
tautan berikut https://literasikangagus.blogspot.com/2020/05/strategi-pemasaran-di-dunia-perbukuan.html
Demikianlah
pemaparan malam ini tentang Marketing dari penerbit Andi. Menulislah adalah
sebuah perjuangan. Penulis adalah seorang pahlawan, yang akan dikenang untuk
selamanya. Lembaran karya adalah medan pertempuran sedangkan pena adalah
senjatanya. Buku adalah gudangnya ilmu,
membaca adalah kuncinya dan membaca adalah jendelanya dunia.
Pesan
penting dari Pak Agus adalah janganlah takut untuk menulis karena takut tidak
ada yang membacanya atau tidak diterima oleh penerbit. Namun, yang terpenting
adalah tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti akan berguna dan kami siap
membantu dalam memasarkan buku.
Alhamdulillah demikianlah
resume materi malam ini, mohon maaf atas segala kekurangan dan diharapkan
kritik dan sarannya untuk perbaikan tulisan kami. Terimakasih dan semoga
bermanfaat.
Subang, 10 Juli 2020
Profil Penulis
Siti
Nurlatifah
SDN Hegarmanah Kec. Pusakajaya Subang
FB: Latifah Zaeni
Blog:
https://latifahzaeni.blogspot.com
Mantul
BalasHapushttps://suryanmasrin86.blogspot.com/2020/07/transformasi-digital-dalam-dunia.html?m=1
Terimakasih pak Suryan.😊🙏
HapusTerimakasih om Jay😊🙏
BalasHapusKerren..terus semabgat
BalasHapusTerimakasih bu Rita, ingin ikuti jejak bu Rita, bu Arum, bu Eni dan Bu Ai, tapi masih belajar bu, banyak typo😊🙏
HapusMantab
BalasHapusTerimaksih bu Aning😊🙏
HapusMasyalloh,, tulisannya mengalir .. TOP
BalasHapusTerimakasih bu Eni😊🙏
HapusResume bagus dan baik karena jauh dari kata copy paste hehhehhhe. Jangan lupa mampir ke rmh ya bu di. https://sofinayan.blogspot.com/2020/07/gulung-tikar-or-digital-marketing.html
BalasHapusTrimksih bu fina😊
HapusKeren dan mantap
BalasHapusBismillah
Jumat, 10 Juli 2020, Postingan ke-420. Mohon doanya satu hari satu postingan di blogwww.sarastiana.com
Google Adsense di Bawah 1 Dollar?
http.sarastiana googleAdsense.com
Metode Pembelajaran Sosiodrama
www.sosiodrama.com
Model dan Metode Pembelajaran http://www.modelpembelajaran
Mantap Bu Latif..semangat yerus menulis bu 👍👍
BalasHapusMantapp bu latifah..
BalasHapusMantab
BalasHapusKeren BuLatifah resumenya
BalasHapusMantul resume nya
BalasHapusKeren bu...👍👍
BalasHapusKeren sekali.
BalasHapusJangan takut untuk menulis...mantab bu..
BalasHapusTulisan saya belum rampung ..jungkir balik sm kerjaan
salut, keuletan bu Latifah dalam menulis
BalasHapusSemangat menulis utk menghasilkan karya bun
BalasHapusMantap bu...👍🙏
BalasHapusSemangat bun.. Resumenya oke
BalasHapusSukses bu
BalasHapuskeren bu..... semangat
BalasHapusMantap,bu Latifah
BalasHapusMantap bun..tetap semangat ya....mampir jg ya di. aisah1969.blogspot.com
BalasHapusSuperb dan rapi 👍
BalasHapusSip bgt bu
BalasHapusSip bgt bu
BalasHapusSemangat dan terus berusaha...semoga keadaan ini cepat membaik lg
BalasHapus